BUMN Sektor Kesehatan Kolaborasi Berdayakan Pelaku UMKM Daerah

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui Biofarma, Kimia Farma dan Indofarma melanjutkan rangkaian gelaran Bazar UMKM Untuk Indonesia edisi 9 12 November 2023 di gedung Sarinah Jakarta. Tiga BUMN sektor kesehatan ini berkolaborasi membedayakan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) daerah dengan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL). Guna mensukseskan kegiatan tersebut, Biofarma, Kimia Farma, dan Indofarma menghadirkan 122 UMKM terdaftar di PaDi UMKM, yang merupakan sebuah platform digital yang mempertemukan UMKM dengan BUMN.

Hal ini sejalan dengan visi misi Kementerian BUMN untuk mendorong digitalisasi UMKM. Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting mengatakan, PaDi UMKM ini merupakan inovasi Pak Erick Thohir untuk memfasilitasi UMKM agar dapat memasarkan produknya dalam jangkauan yang lebih luas. Dia juga menambahkan digitalisasi UMKM ini akan didukung dengan kualitas produk UMKM, agar para konsumen dapat melakukan pembelian berulang terhadap produk produk lokal.

“Harapannya acara ini menjadi bentuk dukungan nyata BUMN dalam mendukung UMKM naik kelas, karena untuk UMKM naik kelas memang dibutuhkan media seperti pameran, bazaar, maupun business matching. Sehingga Bazar UMKM ini merupakan salah satu dukungan nyata kita,” ujar Loto. TKN Tanggapi Pernyataan Roy Suryo Soal Gibran Pakai 3 Mic saat Debat Cawapres Tudingan Roy Suryo Soal 3 Mic Gibran Berbeda Dibantah Konsorsium Stasiun TV, Termasuk Suara 'Udah'

BUMN Sektor Kesehatan Kolaborasi Berdayakan Pelaku UMKM Daerah Pakai 3 Mic! Ganjar Pranowo Bantah Gibran Nyontek Saat Debat Cawapres: Semua Punya Jatah Sama Jawab Tudingan Roy Suryo, Stasiun TV Panitia Debat Tegaskan 3 Cawapres Pakai Mic yang Sama

BRI Research Institute Jalin Kolaborasi dengan Pemerintah Inggris Berdayakan UMKM Perempuan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 10 Halaman 93 94 Kurikulum Merdeka: Membandingkan Isi Teks Halaman all Loto menambahkan upaya upaya tersebut, khususnya Bazar UMKM yang dilaksanakan secara rutin ini dapat menjadi pembuka jalan bagi UMKM untuk memperluas pasar eksisting, sehingga UMKM mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan karya karyanya.

“Dari sini, harapannya masyarakat semakin tahu produk produk UMKM dan pada akhirnya terdorong untuk lebih menggunakan produk produk UMKM,” lanjutnya. Dalam satu sinergi kebersamaan para BUMN menghadirkan UMKM dari 4 kategori produk terdiri dari Fesyen, Kriya (Craft), Makanan dan Minuman dalam kemasan, serta kesehatan dan kecantikan. Pada Bazar November ini terdapat 122 UMKM yang terdiri dari 39 UMKM bidang kuliner, 42 UMKM bidang fesyen, 29 UMKM bidang kriya, serta 10 UMKM yang bergerak di bidang kecantikan. Untuk kategori fesyen, hadir berbagai pilihan antara lain pakaian rajut, sepatu kulit, busana muslim, tas etnik dan aksesoris, serta perhiasan, sedangkan dari kategori produk kriya ditampilkan keramik handmade, wayang dan aksesoris kayu, lukisan kaca, kriya dari clay, boneka batik hingga dekorasi rumah tangga.

Kategori kesehatan dan kecantikan menghadirkan berbagai ragam produk perawatan kulit, essential oil, hand & body Lotion, shampoo bar, reed diffuser, lilin aromaterapi, jamu kemasan dan sabun herbal. Lebih banyak lagi pilihan produk hadir dari kategori makanan dan minuman dalam kemasan khas dari berbagai daerah antara lain bakpia khas Jogja, pempek Palembang hingga telur asin Brebes. Banyak pula pilihan cemilan rumput Laut, kue kering, opak, rengginang, dan keripik pisang, sementara minuman dalam kemasan dihadirkan produk kopi, yoghurt, dan teh daun kelor.

Direktur Utama PT Indofarma Tbk, Agus Heru Darjono mengatakan keberadaan Bio Farma Group dalam mendukung pemerintah mewujudkan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera. “Kami dari Bio Farma Group dikenal sebagai salah satu pilar farmasi untuk mendukung kesehatan bangsa, tetapi kami juga tetapi hadir untuk negeri, berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat melalui program pengembangan UMKM Naik Kelas. Sehingga sinergi BUMN dapat mewujudkan Indonesia yang sehat dan sejahtera,” ujar Agus. Kegiatan bazar UMKM Untuk Indonesia diselenggarakan Kementerian BUMN setiap bulan, sejak Januari 2023 yang diikuti UMKM binaan berbagai BUMN secara bergiliran sepanjang tahun 2023, dengan melibatkan 1.083 UMKM yang berpartisipasi dalam Bazar baik secara offline dan online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *