Kemenparekraf dan ESDM Berkolaborasi Kembangkan Wisata Edukasi Geopark

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) tengah berupaya meningkatkan kunjungan wisata ke kawasan geopark (taman bumi) di Tanah Air. Selain itu, kedua kementerian tersebut juga berupaya menjadikan kawasan geopark sebagai destinasi wisata edukasi. "Kolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi sangat penting bagi geopark geopark yang ada di Indonesia. Selain untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan juga untuk wisata edukasi. Terutama bagi geopark yang sudah diakui Unesco sangat menarik untuk dikunjungi seperti situs situs yang ada, bebatuan dan mengenai sejarah geologi di dalamnya," ungkap Menteri ESDM Arifin Tasrif melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (7/10/2023).

Arifin mengatakan, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke geopark geopark yang ada harus digelar kegiatan yang menarik dan berlangsung secara berkala. "Khususnya bagi wisatawan lokal agar mereka lebih mengetahui sejarah dan potensi dari geopark yang ada. Diperlukan pula kegiatan atau event yang menarik wisatawan agar meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan," imbuh Arifin. Sebelumnya, Arifin bersama Menteri Parekraf Sandiaga Salahuddin Uno berkesempatan mengunjungi Geopark Batur di Buleleng, Bali, sekaligus meresmikan ajang kompetisi golf bertajuk World Tourism Day 2023 Golf Geopark Challenge berkolaborasi dengan perusahaan rintisan tanda tangan elektronik tersertifikasi di Indonesia, Privy, Jumat (6/10/2023). Geopark Batur ini adalah lokasi pertama yang diakui Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO) sebagai Unesco Global Geopark (UGG) pada 2012. Tercatat sudah 10 geopark di Indonesia yang diakui badan PBB tersebut. Geopark adalah wilayah geografi tempat pelestarian warisan dunia berdasarkan geodiversity (keragaman geologi), biodiversity (keanekaragaman hayati), dan cultural diversity (keragaman budaya) dengan tujuan konservasi dan geowisata.

Perubahan Kendali AS Roma, Pemain Pinggiran Era Jose Mourinho Mendadak Tenar AS Roma dan Fiorentina Pertimbangkan Pertukaran Andrea Belotti dengan Jonathan Ikoné Kemenparekraf dan ESDM Berkolaborasi Kembangkan Wisata Edukasi Geopark

Persib Beri Pelajaran Kepada Dewa United di Uji Coba Liga 1, Ini Pengakuan Jan Olde Riekerink Fiorentina Buka Pembicaraan dengan AS Roma untuk Sepakati Andrea Belotti BUMDes Tunggulrejo Karanganyar Kembangkan Wisata Edukasi

Kunci Jawaban PAI Kurikulum Merdeka Kelas 5 SD Halaman 152 153 154, Bab 6: Ayo Berlatih Halaman 4 Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, geopark Batur membantu pendapatan asli daerah (PAD) yang cukup signifikan dan juga memberikan efek pengganda (multiplier effect) dari sisi pariwisata yang lain. Menurut Sandiaga, untuk mewujudkan pariwisata berkualitas sekaligus mendorong kunjungan ke desa wisata di sekitar geopark harus dilakukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat serta masyarakat dalam rangka mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di lokasi wisata.

"Kami akan memastikan geopark yang ada menjadi tumpuan pariwisata dan keberlanjutan lingkungan. Selain itu geopark yang mendapat pengakuan dari Unesco hendaknya menjadi daya tarik wisata dan juga meningkatkan bisnis UMKM masyarakat. Untuk itulah diperlukan adanya kegiatan atau event yang menarik di kawasan geopark agar menyemarakkan kunjungan wisata sekaligus menguntungkan kegiatan perekonomian masyarakat," ungkap Sandiaga. Sementara itu CEO & Founder Privy, Marshall Pribadi mengatakan, pihaknya sangat antusias memberikan dukungan bagi peningkatan kunjungan wisata pada lokasi geopark dengan menggelar kompetisi golf. Baginya, kegiatan ini memberikan manfaat tidak hanya dari sisi pariwisata tetapi juga berdampak bagi masyarakat sekitar serta meningkatkan kualitas kawasan geopark itu sendiri. "Dengan ajang golf yang diadakan ini bisa memberikan manfaat tidak hanya dari sisi pariwisata, tetapi juga kepada masyarakat di sekitar dan peningkatan kualitas kawasan geopark itu sendiri," ungkap Marshall.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *