Kemkominfo Ungkap Website KTT ASEAN Setiap Hari Diserang Hacker dari Luar Negeri: Mau Ambil Data

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkap, website (Konferensi Tingkat Tinggi) KTT ASEAN Ke 43 2023 kemarin mendapat banyak serangan hacker (peretas). Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo Usman Kansong mengatakan, banyak peretas yang mencoba mengambil data KTT ASEAN. Adapun serangan dari peretas ini sama seperti yang Usman dan pihaknya alami ketika gelaran KTT G20 pada November 2022 lalu.

"Waktu kita melindungi website kita, itu banyak yang coba menembus data KTT ASEAN kita kemarin. G20 juga banyak," kata Usman kepada wartawan di Jakarta, dikutip pada Sabtu (9/9/2023). Dalam mengamankan website KTT ASEAN, ia mengatakan Kominfo berkolaborasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Usman menyebut hampir setiap hari website KTT ASEAN diserang peretas. Sayangnya, ia belum bisa merinci berapa jumlah serangan yang didapat selama gelaran KTT ASEAN.

Cristiano Ronaldo Mengincar Reuni Man Utd Saat Erik ten Hag Menghadapi Sakit Kepala Transfer Baru Sentuhan Berkelas Inter Miami Rilis Jersey Baru, Lionel Messi Cs Naik Kapal Pesiar Mewah Nasib Andhara Early Dulu Artis Terkenal, Kini Jual Dimsum di Sekolah Hingga Jadi Sopir Antar Siswa

Kunci Jawaban Tema 7 Kelas 6 SD Halaman 46, 47, 49, Buku Tematik Pembelajaran 6 Subtema 1 Halaman 4 Al Thumama Stadium, Venue Timnas Indonesia vs Jepang yang Jadi Saksi Tangisan Cristiano Ronaldo Latihan Hari Keenam: Tiga Pemain PSM Makassar Menepi dan Tujuh Absen

Kunci Jawaban PAI Kurikulum Merdeka Kelas 5 SD Halaman 152 153 154, Bab 6: Ayo Berlatih Halaman 4 "Ya pokoknya mau nge hack aja. Dia mau tembus. Kalau sudah tembus kan dia mau kuasai atau dia bisa ambil datanya," ujarnya. Usman mengatakan serangan yang mayoritas dari luar negeri ini berhasil dihalau karena Kominfo dan BSSN melakukan penetration test atau uji penetrasi.

Uji penetrasi merupakan metode penguji keamanan sistem komputer atau jaringan dengan cara melakukan simulasi serangan siber pada target sistem. "Mental semua karena penetration test. Itu BSSN ngantor di media center selama penyelenggaran KTT G20 maupun KTT ASEAN. Mondar mandir itu orang BSSN. Ada kantornya dengan PDSI. PDSI itu bagian dari Kominfo," kata Usman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *